Assalamualaikum Wr. Wb.
Malem-malem mo ngapain males jadinya buka blog wes update nie kisi-kisi wat besuk tapi cman RSM doank. oke langsung aja cekidot ke TKP, berikut kisi-kisi plus jawabanya :
1. Definisi manajemen proyek adalah aplikasi pengetahuan, keahlian, alat dan teknik untuk aktivitas proyek agar memenuhi harapan stakeholder
2. Segitiga Manajemen Proyek
(gambar)
• Lingkup Proyek (project scope)
Merepresentasikan kesepakatan proyek dan persyaratan atau kebutuhan
• Biaya Proyek (project budget)
Memrepresentasikan total biaya proyek
• Waktu Proyek (project time)
Memrepresentasikan durasi proyek yang diperlukan
• Sumber daya
Mengacu pada orang-orang dan peralatan yang digunakan dan kualitas mengacu pada kepuasan harapan klien
3. Faktor untuk mengukur keberhasilan proyek
• Tepat waktu
• Sesuai anggaran
• Apakah tujuan proyek terpenuhi ?
• Apakah klien puas ?
• Apakah tidak ada kerusakan pada tim atau hubungan mereka ?
4. Orang-orang yang termasuk stakeholder : Sponsor, anggota tim dan klien
5. 9 Pengetahuan Manajer Proyek
• Manajemen Lingkup
• Manajemen Waktu
• Manajemen Biaya
• Manajemen Kualitas
• Manajemen Sumber Daya Manusia
• Manajemen Komunikasi
• Manajemen Resiko
• Manajemen Pengadaan
• Manajemen Integrasi
6. Media Pembelajaran adalah Segala sesuatu, baik fisik (h/w) maupun non fisik (s/w) yang digunakan oleh guru untuk membantu meningkatkan penerimaan/pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran
7. Manfaat Media Pembelajaran
1. Memperjelas penyajian suatu pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis
2. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera seperti:
a. obyek yang terlalu besar, dapat digantikan dengan realita, gambar, film bingkai, film, gambar video, atau model
b. obyek yang kecil dibantu dengan proyektor mikro, film slide, gambar video atau gambar
c. gerak yang terlalu lambat atau terlalu cepat dapat dibantu dengan timelapse, highspeed photografi atau slow motion playback video
d. kejadian atau peristiwa yang terjadi pada masa lalu dapat ditampilkan lagi melalui rekaman film, video, atau foto
e. Obyek yang terlalu kompleks dapat disajikan dengan model, diagram, dll
f. Konsep yang terlalu luas dapat divisualkan dalam bentuk film, slide, gambar atau video
3. Dengan menggunakan media pembelajaran secara tepat dan bervariasi dapat mengatasi sikap pasif siswa. Dalam hal ini media pembelajaran berguna untuk:
a. menimbulkan gairah belajar
b. memungkinkan interaksi langsung antara siswa dengan lingkungan dan kenyataan
c. Memungkinkan siswa belajar sendiri menurut minat dan kemampuannya
4. Dengan menggunakan media pembelajaran secara tepat dan bervariasi dapat mengatasi sikap pasif siswa. Dalam hal ini media pembelajaran berguna untuk:
a. menimbulkan gairah belajar
b. memungkinkan interaksi langsung antara siswa dengan lingkungan dan kenyataan
c. Memungkinkan siswa belajar sendiri menurut minat dan kemampuannya
8. Media diperlukan ketika :
• Pesan – pesan pendidikan dikemas dalam bentuk verbal, gambar-gambar, dan symbol-simbol.
• Setting pembelajaran dilakukan dalam sebuah ruangan yang berbeda dengan setting lingkungan pesan itu sendiri
• Asosiasi atau imajinasi sangat dipengaruhi oleh prior knowledge, cenderung bias, perlu sesuatu yang membimbing pikiran kepada objek yang dipelajari.
9. Ciri-ciri / karakteristik media :
• Media dapat merekam dan merekontruksi peristiwa
• Media dapat memanipulasi waktu, tempat, dandimensi fisik obyek yang dipelajari
• Media dapat mendistribusikan pengalaman belajar dalam berbagai setting lingkungan.
10.Prinsip-prinsip desain multimedia
a. Prinsip Multimedia
Murid-murid bisa belajar lebih baik dari kata-kata dan gambar-gambar daripada kata-kata saja
b. Prinsip Keterdekatan Ruang
Murid-murid bisa belajar lebih baik saat kata-kata dan gambar-gambar terkait saling berdekatan daripada saling berjauhan di halaman atau di layar
c. Prinsip Keterdekatan Waktu
Murid-murid bisa belajar lebih baik saat kata-kata dan gambar-gambar terkait disajikan secara simultan (bersamaan) dari pada suksesif (bergantian)
d. Prinsip Koherensi
Murid-murid bisa belajar lebih baik saat kata-kata, gambar-gambar, atau suara-suara ekstra/tambahan dibuang daripada dimasukan
e. Prinsip Modalitas
Murid-murid bisa belajar lebih baik dari animasi dan narasi daripada animasi dan teks on-screen
f. Prinsip Redudansi
Murid-murid bisa belajar lebih baik dari animasi dan narasi daripada animasi, narasi dan teks on-screen
g. Prinsip Perbedaan Individual
Pengaruh desain lebih kuat terhadap murid-murid berpengetahuan rendah daripada berpengetahuan tinggi
• Lingkup Proyek (project scope)
Merepresentasikan kesepakatan proyek dan persyaratan atau kebutuhan
• Biaya Proyek (project budget)
Memrepresentasikan total biaya proyek
• Waktu Proyek (project time)
Memrepresentasikan durasi proyek yang diperlukan
• Sumber daya
Mengacu pada orang-orang dan peralatan yang digunakan dan kualitas mengacu pada kepuasan harapan klien
3. Faktor untuk mengukur keberhasilan proyek
• Tepat waktu
• Sesuai anggaran
• Apakah tujuan proyek terpenuhi ?
• Apakah klien puas ?
• Apakah tidak ada kerusakan pada tim atau hubungan mereka ?
4. Orang-orang yang termasuk stakeholder : Sponsor, anggota tim dan klien
5. 9 Pengetahuan Manajer Proyek
• Manajemen Lingkup
• Manajemen Waktu
• Manajemen Biaya
• Manajemen Kualitas
• Manajemen Sumber Daya Manusia
• Manajemen Komunikasi
• Manajemen Resiko
• Manajemen Pengadaan
• Manajemen Integrasi
6. Media Pembelajaran adalah Segala sesuatu, baik fisik (h/w) maupun non fisik (s/w) yang digunakan oleh guru untuk membantu meningkatkan penerimaan/pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran
7. Manfaat Media Pembelajaran
1. Memperjelas penyajian suatu pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis
2. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera seperti:
a. obyek yang terlalu besar, dapat digantikan dengan realita, gambar, film bingkai, film, gambar video, atau model
b. obyek yang kecil dibantu dengan proyektor mikro, film slide, gambar video atau gambar
c. gerak yang terlalu lambat atau terlalu cepat dapat dibantu dengan timelapse, highspeed photografi atau slow motion playback video
d. kejadian atau peristiwa yang terjadi pada masa lalu dapat ditampilkan lagi melalui rekaman film, video, atau foto
e. Obyek yang terlalu kompleks dapat disajikan dengan model, diagram, dll
f. Konsep yang terlalu luas dapat divisualkan dalam bentuk film, slide, gambar atau video
3. Dengan menggunakan media pembelajaran secara tepat dan bervariasi dapat mengatasi sikap pasif siswa. Dalam hal ini media pembelajaran berguna untuk:
a. menimbulkan gairah belajar
b. memungkinkan interaksi langsung antara siswa dengan lingkungan dan kenyataan
c. Memungkinkan siswa belajar sendiri menurut minat dan kemampuannya
4. Dengan menggunakan media pembelajaran secara tepat dan bervariasi dapat mengatasi sikap pasif siswa. Dalam hal ini media pembelajaran berguna untuk:
a. menimbulkan gairah belajar
b. memungkinkan interaksi langsung antara siswa dengan lingkungan dan kenyataan
c. Memungkinkan siswa belajar sendiri menurut minat dan kemampuannya
8. Media diperlukan ketika :
• Pesan – pesan pendidikan dikemas dalam bentuk verbal, gambar-gambar, dan symbol-simbol.
• Setting pembelajaran dilakukan dalam sebuah ruangan yang berbeda dengan setting lingkungan pesan itu sendiri
• Asosiasi atau imajinasi sangat dipengaruhi oleh prior knowledge, cenderung bias, perlu sesuatu yang membimbing pikiran kepada objek yang dipelajari.
9. Ciri-ciri / karakteristik media :
• Media dapat merekam dan merekontruksi peristiwa
• Media dapat memanipulasi waktu, tempat, dandimensi fisik obyek yang dipelajari
• Media dapat mendistribusikan pengalaman belajar dalam berbagai setting lingkungan.
10.Prinsip-prinsip desain multimedia
a. Prinsip Multimedia
Murid-murid bisa belajar lebih baik dari kata-kata dan gambar-gambar daripada kata-kata saja
b. Prinsip Keterdekatan Ruang
Murid-murid bisa belajar lebih baik saat kata-kata dan gambar-gambar terkait saling berdekatan daripada saling berjauhan di halaman atau di layar
c. Prinsip Keterdekatan Waktu
Murid-murid bisa belajar lebih baik saat kata-kata dan gambar-gambar terkait disajikan secara simultan (bersamaan) dari pada suksesif (bergantian)
d. Prinsip Koherensi
Murid-murid bisa belajar lebih baik saat kata-kata, gambar-gambar, atau suara-suara ekstra/tambahan dibuang daripada dimasukan
e. Prinsip Modalitas
Murid-murid bisa belajar lebih baik dari animasi dan narasi daripada animasi dan teks on-screen
f. Prinsip Redudansi
Murid-murid bisa belajar lebih baik dari animasi dan narasi daripada animasi, narasi dan teks on-screen
g. Prinsip Perbedaan Individual
Pengaruh desain lebih kuat terhadap murid-murid berpengetahuan rendah daripada berpengetahuan tinggi
Sekian dari saya semoga bermanfaat, maturnuwun saya haturkan kepadanya IKA YULIAH yang sudah berkenan tuk memberikan kisi-kisi plus jawabannya. semoga bermanfaat bagi kita semuanya.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
0 komentar:
Posting Komentar
Jangan Lupa untuk berkomentar dan jangan lupa untuk mampir lagi ya kawan.. terima kasih